Kamis, 19 Desember 2019

UNIT INPUT OUTPUT (I/O)

I/O (Input/Output)




    kita tahu bahwa processor adalah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data. namun, tentunya data yang diolah tidak muncul dengan tiba-tiba. data yang diolah oleh CPU berasal dari data masukan (input) yang diberikan oleh unit input. unit input dapat berarti keyboard, mouse, microphone, dan lain-lain. data masukan tersebut dikirimkan pada unit pemrosesan yaitu processor. data tersebut diolah sesuai dengan keinginan pengguna. setelah itu, data tersebut ditampilkan dalam bentuk data keluaran (output). data keluaran ini bisa berupa suara, visual, ataupun gerak. maka, dalam suatu komputer selain unit pemrosesan, unit input output juga diperlukan. 


    A. Unit Input

     perangkat input adalah perangkat yang berfungsi memberikan data masukan yang akan diolah yang cara kerjanya memberikan perintah langsung dengan menghasilkan informasi dalam bentuk digital kepada penggunanya.Ada berbagai macam perangkat keras berjenis input yang diciptakan untuk komputer, berikut adalah contohnya:

1. Keyboard
   Keyboard adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, dan simbol serta melakukan perintah-perintah pada komputer. Tanpa adanya perangkat ini, pengguna tidak akan bisa mengetikkan data yang mereka inginkan, sehingga keberadaannya sangatlah penting.
2. Mouse
  Mouse adalah alat/ perangkat yang digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat atau digunakan untuk memberikan perintah secara praktis dan cepat pula. Di dalam mouse terdapat bola kecil yang jika digerakkan akan menyebabkan sinyal listrik terkirim ke computer sesuai dengan pergerakan mouse. Atau Pengertian mouse yaitu sebuah perangkat keras (hardware) yang ada pada komputer, yang berguna untuk menggerakan kursor yang tampil pada layar komputer. Mouse merupakan perangkat keras yang dirancang untuk tujuan menjalankan program dan perintah dari user yang di instruksikan lewat gerakan sensor ketika dijalankan, sehingga bisa membuat pointer di monitor bergerak. Pada mouse terdapat tombol yang dapat digunakan untuk melakukan klik kiri, klik kanan dan juga untuk melakukan scroll.

3. Joystick
   Joystick adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputerAlat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah. Perangkat ini umumnya digunakan untuk bermain game pada.
4. Touchpad
  Touchpad merupakan sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna ke posisi yang diinginkan pada layar monitor. Touchpad bisa di bilang sebagai pengganti mouse yang saat ini telah banyak di gunakan oleh pengguna komputer, terutama laptop, tapi bukan berarti selain laptop tidak menggunakan Touchpad, banyak juga komputer biasa yang menggunakan Touchpad, seperti Touchpad portable yang menggunakan Touchpad kabel, biasanya Touchpad seperti ini digunakan oleh pengguna yang bekerja untuk bidang-bidang tertentu, seperti penulis, desainer dan lain sebagainya. Berikut di bawah ini adalah pengertian Touchpad.
5. CD (Compact Disc) dan CD/DVD ROM
   CD atau Compact Disc adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik dan berbentuk lingkaran pipih dengan lubang kecil pada bagian tengah. sementara   CD/DVD ROM merupakan perangkat yang digunakan untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD. Pada PC Anda bisa memasang alat ini di CPU. Sedangkan pada beberapa laptop tertentu sudah tersedia di dalamnya yang bisa dibuka pada bagian samping.
6. Modem
   Modem adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Bentuk dan tipe modem bervariasi. Ada yang disambungkan ke lubang USB pada komputer dan ada yang menggunakan fitur Wi-Fi. perangkat keras ini memiliki fungsi untuk mengubah 2 sinyal sehingga dalam menerima dan mengirim pesan bisa berjalan baik. Kata modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator.
7. Flashdisk
   Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. lashdisk atau biasa disebut USB flash drive memang dibuat dengan tujuan khusus sebagai media penyimpanan file. Namun ada hal lain lagi yang dapat anda temukan dari hardware yang satu ini, yakni menjadi ketersediaan ruang untuk segala macam ekstensi file serta memungkinkan dilakukan perubahan pada suatu dokumen setiap saat. Besar kapasitas flashdisk bervariasi, mulai dari 512MB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, dan sebagainya.
8. Digitizer
   Digitizer merupakan perangkat masukan yang berbentuk datar seperti papan yang memiliki beberapa tombol di bagian samping dan sebuah pena khusus untuk menulis atau menggambar data yang tersambung pada komputer. Alat ini berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital.
9. Barcode Scanner
   Barcode scanner atau barcode reader adalah alat yang berbentuk gagang dan berisi laser berwarna merah. Laser tersebut berfungsi untuk memindai barcode yang biasanya terdapat pada kemasan suatu barang. Barcode tersebut berupa suatu kode berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka menggunakan barcode scanner. Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang
10. Light Pen
   Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer. Anda bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar. Perangkat keras ini juga berfungsi atau pengganti dari keyboard dan mouse komputer. Light Pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia.

11. WebCam

   Webcam adalah sebutan untuk kamera yang gambarnya terdiri dari kejadian yang saat itu terjadi, di mana fitur ini dapat digunakan Ketika seseorang melakukan panggilan video melalui internet. Adapun pada umumnya webcam berupa kamera video digital kecil yang terhubung dengan komputer atau laptop menggunakan USB maupun com, gimana dari sambungan itulah komputer bisa mengakses gambar yang di dapatkan melalui webcam .
12. Scanner

   Scanner merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Perangkat ini digunakan saat Anda ingin memindahkan data yang berbentuk hard file pada kertas menjadi bentuk soft file ke dalam komputer yang hasilnya berupa gambar atau file PDF. Bila dikombinasikan dengan printer, scanner bisa digunakan menjadi mesin fotokopi berukuran kecil.


13. Microphone
   Microphone atau sering ditulis mikropon adalah suatu alat yang dapat mengubah getaran suara menjadi getaran listrik. perangkat ini merupakan salah satu transduser (perangkat yang mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya) dimana mikrofon mengubah energi akustik (gelombang suara) menjadi energi listrik (sinyal audio). Microphone merupakan salah satu sumber pokok dan merupakan input studio rekaman (studio produksi). Karena sangat peka dalam menerima getaran suara, peletakan microphone memerlukan pengaturan yang khusus agar suara-suara yang tidak diperlukan tidak ikut masuk menggetarkan membrane mikropon. Media penghantar getaran listriknya merambat melalui kabel.




    B. Unit Output


   Pada perangkat komputer dikenal komponen yang disebut dengan output device atau sering juga disebut sebagai perangkat output atau perangkat keluaran. Perangkat ini  adalah peralatan elektronik yang terhubung dengan komputer yang digunakan untuk mengirimkan data dari komputer dalam bentuk teks, suara, gambar, dan media lainnya. Bisa juga diartikan sebagai bagian dari perangkat keras komputer yang memanfaatkan data dan perintah apapun dari komputer untuk melakukan tugas tertentu.
Perangkat output terdiri dari beberapa macam. Berikut adalah daftarnya untuk Anda beserta fungsinya:
1. Monitor





   Macam perangkat output yang pertama dan sangat vital bagi komputer adalah monitor. monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor. Monitor disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit)
2. Printer
     printer adalah perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik (digital) ke bentuk fisik. Umumnya printer merupakan perangkat tambahan eksternal (external peripheral devices) yang terhubung dengan komputer atau laptop melalui kabel atau nirkabel untuk menerima input data dan mencetaknya pada kertas. Hingga saat ini, berbagai printer telah tersedia dengan berbagai fitur mulai dari mencetak dokumen hitam putih, berwarna, baik dengan kualitas grafis rendah maupun tinggi, serta gabungan fungsi dari perangkat lainnya.
3. Proyektor
   Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar yang dihasilkan oleh komputer atau pemutar Blu-ray. Gambar tersebut kemudian ditampilkan pada permukaan datar di depannya, seperti layar atau dinding. Perangkat output komputer ini bisa digunakan untuk menampilkan gambar diam (slide) maupun gambar bergerak (video) pada layar besar sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang sekaligus. Dengan kata lain, pengertian proyektor adalah alat untuk membantu menampilkan gambar, video maupun data-data lainnya dari komputer atau laptop ke sebuah layar (bisa juga ke permukaan datar seperti tembok).
4. Headphone
   Headphone merupakan alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga. Headphone atau earphone merupakan perangkat yang menghasilkan suara untuk mendengarkan audio secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker. Headphone dan earphone memiliki fungsi yang sama tapi bentuk yang berbeda. Headphone berbentuk besar dengan earpad yang menutup seluruh telinga, sedangkan earphone bentuknya kecil dan hanya menutupi lubang telinga saja.
5. Speaker

   Speaker adalah perangkat yang terhubung pada komputer dan berfungsi sebagai penghasil suara. Sinyal yang digunakan untuk menghasilkan suara yang berasal dari speaker dibuat oleh kartu suara komputer. Semua audio atau suara membutuhkan speaker agar bisa sampai dan didengar oleh telinga manusia secara normal. Suara dari game yang dimainkan dari laptop bisa didengar karena adanya speaker yang tertanam dalam PC tersebut. Dari sini saja sudah bisa terlihat bahwa fungsi speaker sangat penting. Speaker akan mengeluarkan suara yang diputar dalam komputer, baik dari musik player maupun suara video



daftar pustaka:
https://www.kompasiana.com/zulfakhilmy/552987be6ea834c56c552cfa/voice-over-internet-protocol
https://www.nesabamedia.com/
http://www.teorikomputer.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar